Jonathan Duhamel Dalam Masalah Hukum atas Jutaan Pajak yang Belum Dibayar di Kanada

Jonathan duhamelJonathan Duhamel dapat dipaksa untuk membayar jutaan pajak setelah terlibat dalam sengketa pajak dengan Badan Pendapatan Kanada (CRA) atas kemenangan pokernya.

Pihak berwenang Kanada mengklaim Duhamel bertanggung jawab atas lebih dari CA $ 1,2 juta dalam bentuk pajak yang belum dibayar, karena permainan pokernya dianggap sebagai “bisnis”. Kemenangan poker tidak dikenakan pajak di Kanada, tetapi negara tersebut memberlakukan pajak pada penduduk Kanada yang terlibat dalam jenis bisnis apa pun.

CRA berpendapat bahwa Duhamel bertindak seperti “pebisnis serius” saat bermain poker, dan pendapatan utamanya diperoleh dari menjadi pemain poker profesional. Agensi tersebut secara khusus menargetkan tahun 2010 – 2012, di mana Duhamel memenangkan gelang pertamanya di Acara Utama WSOP 2010 seharga $ 8,9 juta.

CRA mengatakan Duhamel berhutang pajak balik kepada pemerintah Kanada CA $ 1.219.114 tetapi pro poker akhirnya bisa membayar lebih, dengan otoritas Quebec juga kemungkinan akan mengambil pajak juga, sehingga totalnya menjadi lebih dari $ 2 juta.

Duhamel Melawan Kembali

Berdasarkan profil Hendon Mob-nya, Duhamel telah memenangkan lebih dari $ 18 juta sepanjang karirnya, kemenangan Main Event 2010 menjadi skor terbesarnya. Dia saat ini duduk di No. 33 di All-Time Money List, dan No. 4 di negara asalnya Kanada.

Duhamel berpendapat bahwa penghasilan pokernya adalah hasil dari kebetulan, mengingat ia sebelumnya tidak pernah mengikuti pelatihan formal dalam poker. Karena itu, keberuntungan memainkan peran besar dalam kemenangan besar-besarannya. Dia berpendapat lebih lanjut bahwa “pemain poker profesional” yang melekat pada namanya hanyalah bagian dari strategi pemasaran PokerStars ketika dia masih menjabat sebagai duta merek tersebut.

Kasus Pergi ke Pengadilan Maret 2021

CRA menyatakan bahwa aktivitas poker Duhamel tidak dapat dianggap sebagai perjudian rekreasi, karena fakta bahwa ia memainkan permainan tersebut dalam jangka waktu yang lama, biasanya mencapai lebih dari 40 jam seminggu.

Agensi tersebut juga mengutip kurangnya pendapatan Duhamel selain dari poker, serta pertukaran bidak sebagai bukti bahwa dia menjalankan bisnis dari permainan yang dia mainkan. Dia diduga menghabiskan $ 4,1 juta dalam bentuk swap selama kemenangan Acara Utama WSOP 2010, dan mendapatkan kontrak $ 1 juta dengan PokerStars pada tahun 2011.

Tetapi tidak ada jawaban yang jelas mengapa CRA hanya memilih pendapatan poker Duhamel dari 2010-2012. Jelas, karirnya tidak berhenti sampai di situ. Dari 2013 – 2015, dia dapat menambah $ 6,5 juta lagi untuk kemenangannya. Selama periode inilah ia memenangkan gelang keduanya setelah mengalahkan High Roller $ 111.111 untuk ONE Drop seharga hampir $ 4 juta.

Jika tidak ada penyelesaian dalam kasus ini, masalah tersebut akan dibawa ke pengadilan pada Maret 2021.